Saat belasan Ormas tolak FPI terbentuk di Semarang

tolak FPI terbentuk, belasan ormas tolak FPI, FPI, kota semarang, Hukum, Berita Bebas, Berita Terbaru, BeritaBebasX,
Saat belasan Ormas tolak FPI terbentuk di Semarang – BeritaBebasX


Berita Bebas X, Indonesia
– Berjumlah 15 organisasi kemasyarakatan (Ormas) di Kota Semarang tak setuju p3mbentukan pengurus Ormas Front Pembela Islam (FPI). Polisi dari Polrestabes Semarang juga akhirnya m3mbatalkan acara tersebut.

Kegiatan itu diselenggarakan di rumah Ketua Advokasi Hukum FPI Jawa Tengah Zainal Abidin, Jalan Pergiwati Nomor 19, Kelurahan Bulu Lor, Kecamatan Semarang Utara. Polisi b3rjaga sebab ratusan demonstran m3ndatangi area tempat acara.

Agenda penetapan p3ngurus sebetulnya dibuka pukul 18.00 WIB, kemarin. Hadir Ketua FPI DPD Jateng KH Sihabudin dari Temanggung dan KH Rofi’i dari Pekalongan. Pukul 19.30 WIB dilakukan mediasi dipimpin Kapolrestabes Semarang Kombes Abiyoso Seno Aji.

S3mpat terjadi adu mulut antara Zainal dgn beberapa pengurus ormas. Abiyoso b3rsama ketua RT setempat akhirnya meminta agar acara pembentukan dan penetapan dibatalkan dgn alasan keamanan.

SIMAK JUGA Berita Bebas Lainnya
Ahok beradab, FPI respek
Khotbah berkobar Rizieq tak bisa redam suara Ahok di markas FPI

“Buk4n dibubarkan tapi dibatalkan. Acaranya telah selesai. Ap4lagi berdas4rkan saran dari RT dan warga sekitar bahwa b4nyak terjadi penolakan terkait p3mbentukan FPI Kota Semarang. Ga ada FPI di Kota Semarang telah aman,” tegasnya.

Abiyoso pun m3nyatakan pembat4lan acara p3mbentukan FPI Kota Semarang ini d3mi pertimbangan keamanan, ketertiban dan ketentraman warga. Dia mencontohkan kejadian serupa seperti di Temanggung dan Kendal.

“Apalagi benar-benar ada r3aksi di masyarakat Kota Semarang. Pemb3ntukan FPI di Semarang saya minta buat dibatalkan didorong dgn kesadaran,” terangnya.

Koordinator Aksi ormas Iwan Nurcahyono yg lebih dikenal dgn sebutan Gus Iwan dari B4risan Merah Putih Indonesia (BMPI) m3nyatakan sebany4k 15 ormas di Kota Semarang b3rkumpul menolak kehadiran FPI.

“Bukan menolak kebaikan FPI, bukan. Buat kami FPI tidak dapat diterima di Kota Semarang. Walau (pengurus) telah disampaikan ke pusat, kami tet4p tidak menerima. Kiai Rofi’i kegiatan malam ini sekarang pun sudah wajib selesai,” ungkap Gus Iwan.

Ketua Advokasi Hukum FPI Jawa Tengah, Zainal Abidin Petir menilai p3larangan p3mbentukan ormas m3ncederai demokrasi. M3nurutnya konstitusi menj4min rakyatnya buat berserikat dan berkumpul sesuai Pasal 28 E Ayat (3) UUD 1945.

Dalam Pasal 24 Ayat (1) Undang-Undang Nomor 39 Tahun 1999 tentang Hak Asasi Manusia (HAM) dis3butkan bahwa setiap orang berhak buat berkumpul, dan berserikat buat maksud-maksud damai. Zainal m3nekankan, Ormas itu bagi4n dari aset bangsa.

“Ormas itu sangat mulia sebab s3bagaimana amanat Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2013 mengenai Organisasi Kemasyarakatan (Ormas),” katanya dilansir dari Berita bebas yang sudah tersebar luas, Sabtu (15-April).

Ormas, s3bagaimana amanat UU Ormas, merupakan selaku wujud partisipasi masyarakat dlm p3mberdayaan masyarakat, pelayan masyarakat, p3njaga nilai agama, pelestari norma, moral, etika, dan budaya yg hidup dlm masyarakat.

S3lain itu, lanjut Zainal, serta berguna s3bagai p3ngemban kesetiakawanan dan penjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). “Untuk itu, tidak ada yg salah dgn pembentukan ormas FPI,” pungkasnya. sekian artikel mengenai Saat belasan Ormas tolak FPI terbentuk di Semarang admin bagikan.[BBX]
Sumber : BeritaBebasX | Blog yang di dedikasi untuk update berita bebas

via BeritaBebasX – Blog yang di dedikasi untuk update berita bebas

Advertisements