Apa itu Nyctophobia? Cari tau sedini mungkin sindrom berbahaya ini!

Berita Bebas X, Indonesia – P3rnahkah Kamu m3ndengar m3ngenai sindrom Nyctophobia? Mungkin t3rdengar aneh buat s3bagian orang. Tapi p3rcayalah, tidak ada satu orang pun yg mau m3ngalami sindrom yg satu ini.

S3bagai manusia, kita tentu mempunyai sejumlah emosi. Entah itu cinta, benci, kesedihan, suka, tidak suka, nafsu, jijik, takut, dsb. Untuk itu, ketakutan merupakan salah satu emosi yg paling tidak t3relakkan buat manusia. Semua orang mempunyai berbagai jenis ketakutan dalam intensitas yg bervariasi. Contohnya takut pada ketinggian, takut pada gelap, petir, dsb.

Berita Bebas X – Kalau ketakutan itu telah pada tahap ekstrem dan tidak rasional, maka hal tersebut dapat dikatakan sebagai phobia. Nah, Phobia umumnya mempunyai sifat yg bisa menghambat hidup seseorang dan harus menjalani perawatan t3rtentu buat mengatasinya.

Trus, apakah sindrom Nyctophobia itu?
Secara bahasa, sindrom Nyctophobia yakni takut terjadi kegelapan atau malam secara berlebihan. Ada beberapa orang yg benar-benar takut dan r3sah ketika malam datang. Ketakutan ini malahan tidak rasional dan bikin seseorang seperti enggan tidur.

SIMAK JUGA Berita Bebas Lainnya
Masih bandel main handphone di malam hari, No 3 ga nyangka
Malu sebab telapak tangan kerap keringatan? bgini cara menanganinya

Otak orang yg menderita Nyctophobia mempunyai persepsi yg menyimpang dari suatu bencana yg bakal datang dan membayangkan bahwa dapat terjadi selama malam atau gelap datang.

Sayangnya, sindrom Nyctophobia ini sampai sekarang masih belum diketahui pasti apa penyebabnya. Tapi para psikolog mengasosiasikan bahwa hal tersebut dapat juga b3rasal dari kejadian traumatis yg pernah terjadi pada korban pada saat malam atau gelap.

Apa ciri-ciri orang yg mengalami sindrom Nyctophobia?
Berita Bebas X – Mereka yg m3ngalami sindrom ini cenderung tidak mau dan merasa k3takutan buat pergi di malam hari. Selain itu, mereka pun dapat menjadi penyendiri ketika malam hari, terutama di dalam kamar. Mereka pun merasa gelisah ketika malam atau gelap datang yg jelas hal tersebut bisa berakibat buruk pada kesehatannya juga. Dalam kasus yg ekstrem, mereka dapat sangat panik ketika di tempat gelap samapai tak bisa mengontrol dirinya sendiri.

Nyctophobia sendiri termasuk dalam gangguan psikologis yg serius dan bisa m3mpengaruhi baik kesehatan fisik maupun mental seseorang. Maka dari itu, orang yg m3ngalami sindrom ini sangat membutuhkan perawatan medis.

Apakah sindrom Nyctophobia dapat disembuhkan?
Pada dasarnya sindrom phobia pada malam atau gelap ini dapat saja disembuhkan. Tapi p3nyembuhannya relatif lebih sulit sebab yg ditakutkannya bakal hadir setiap hari, yaitu malam. Berbeda dgn orang yg phobia dgn ketinggian, mereka cenderung tidak masalah pada hidupnya selama tidak berada di tempat tinggi.

Lain hal bagi penderita Nyctophobia perlu berjumapa dgn rasa takutnya setiap hari. Oleh sebab itu penyembuhannya bisa dilaksanakan dgn bantuan terapi perilaku kognitif, konseling, dan juga obat anti-anxiety. [BBX]
Sumber : BeritaBebasX | Blog yang di dedikasi untuk update berita bebas

via BeritaBebasX – Blog yang di dedikasi untuk update berita bebas

Advertisements