Apa sebab menggaruk kulit terasa enak? inilah alasannya

Gaya Hidup, kulit sehat, tips kesehatan, Sehat, Berita Bebas, Ulasan Berita, tak disangka, sebab menggaruk kulit terasa enak?
Biasanya sensasi gatal bisa menyebar ke sekitar titik awal – BeritaBebasX

Berita Bebas X – Rasa gatal yg terasa dikulit umumnya bikin kita tergoda buat menggaruk. Selain buat mengusir rasa gatal, aktivitas menggaruk pun menyebabkan sensasi yg nikmat dan memuaskan, terutama pada bagian tertentu.

Malahan, seringkali kita tak mau berhenti menggaruk kulit. Sebetulnya, apa alasan dari rasa nikmat yg timbul tatkala kita menjalankan aktivitas tersebut? ini penjelasannya, Berita Bebas ini dirangkum dari beberapa media online yang sudah tersebar luas:

Pakar kesehatan yg berasal dari Washington University School of Medicine, yg ada di kota St. Louis, Amerika Serikat, mengatakan kalau kita menggaruk bagian tubuh yg terasa gatal, kemudian otak pun bakal ikut mengeluarkan hormon serotonin yg justru penyebab sebenarnya ditujukan buat mengatasi rasa gatal. Sayangnya, efek dari keluarnya serotonin ini hanyalah sementara sehingga kita pun akan merasakan sensasi gatal dan terus mau menggaruknya kembali.

SIMAK JUGA Berita Bebas Lainnya
Sebab film porno suka disebut film blue. Ini sebabnya!
Siapa yg perlu dibela suami? Istri atau ibu sendiri?

Zhou-Feng Chen, salah seorang pakar kesehatan yg melangsungkan penelitian pada universitas tersebut dan hasilnya diterbitkan dalam Journal Neuron mengatakan kalau neurotransmitter serotonin bakal segera dikeluarkan otak ketika mencapai sinyal adanya garukan dgn tujuan mengatur rasa sakit.

Sayangnya, ketika serotonin yg dikeluarkan dari otak bagian tengah ini lagi berupaya membereskan sesi tubuh yg gatal, rasa gatal ini malahan bakal lebih menyebar pada sel-sel saraf lainnya. Alhasil, rasa gatal pun seakan-akan tak pernah berhenti dan kita pun terus mau menggaruknya.

Selain susah buat berhenti sebab terasa enak, umumnya sensasi gatal pun bakal menyebar ke sekitar titik utama gatal bermula. Chen mengatakan jika ada baiknya kita tak terlalu bersemangat buat menggaruknya karena andai kita melakukannya, yg terjadi adalah kulit dapat mengalami kerusakan atau lecet-lecet yg akhirnya menyebabkan rasa perih.

Chen lebih menyarankan kita buat mengusap bagian kulit yg gatal saja sehingga lambat laun rasa gatal ini dapat mereda sendirinya.
Sumber : BeritaBebasX | Blog yang di dedikasi untuk update berita bebas

via BeritaBebasX – Blog yang di dedikasi untuk update berita bebas

Advertisements