Bukan hanya di RI, Turki harap Nigeria tutup 17 sekolah bentukan Gulen

Luar Negeri, Pernyataan, Pernyataan kontroversial, Politik, tak disangka, Tokoh,
duta besar turki untuk nigeria hakan cakil (kiri) bertemu wakil komite senat urusan luar negeri Sheh

BeritaBebasX – Duta besar Turki utk Nigeria Hakan Cakil meminta pemerintah setempat menutup 17 sekolah di negeri itu dikarenakan diduga punyai kaitan bersama kegiatan yg dituding sbg dalang kudeta Turki 15 Juli dulu.

Cakil mengatakan permohonannya pada wakil komite senat urusan luar negara, Shehu Sani, Rabu dulu. Menurut sang duta gede, hasil penyelidikan pemerintah Turki menyampaikan sekolah-sekolah itu punyai jalinan bersama organisasi teroris pimpinan Fethullah Gulen.

“Kami meminta pemerintah Nigeria menutup sekolah-sekolah itu,” kata Cakil, seperti dilansir the Cable.

“Saya telah ajukan permohonan, baik dengan cara lisan ataupun tulisan soal penutupan sekolah-sekolah ini. Aku pula telah menyurati Menteri Dalam Negara Geoffret Onyeama & Abba Kyari (kepala staf presiden) berkaitan masalah ini & meminta dukungan mereka buat menutup sekolah-sekolah itu.”

Menurut Cakil, di Nigeria ada 17 sekolah binaan Kegiatan Gulen. Satu di Kano, satu di Kaduna, satu di Abuja, Lagos & di kota-kota lain. Sekolah-sekolah itu pun memberikan beasiswa.

SIMAK JUGA Berita Bebas Lainnya

“Pemerintah Turki telah menutup seluruhnya sekolah tingkat basic, menengah, & atas juga kampus milik group ini di Turki,” kata dirinya.

Pemerintahan Presiden Reccep Tayyip Erdogan sejak tiga thn dulu menyebutkan Aktivitas Gulen & seluruh anak organisasinya sbg jaringan teroris. Kendati begitu tidak sedikit negerii, termasuk juga Indonesia, belum mengadopsi sikap yg sama.

Dalam web resmi kedutaan dua hri dulu, pemerintah Turki meminta pemerintah Indonesia menutup sembilan sekolah swasta binaan Aktivitas Gulen.

“Sekolah-sekolah ini terkait dgn gerakan organisasi teroris,” seperti dikutip dari keterangan tercatat di web Kedubes Turki. “Kami amat prihatin organisasi teroris leluasa beraktivitas di Indonesia.”

Desakan kepada pemerintah Indonesia ini merujuk Dekrit Presiden Erdogan yg diteken terhadap 23 Juli dulu. Atas basic beleid tersebut, pemerintah Turki menutup 1.043 sekolah swasta, 1.229 yayasan, juga 15 kampus di semua negara. Seluruh Instansi itu dilarang beroperasi lantaran didanai oleh Kegiatan Gulen.

Sumber : BeritaBebasX | Blog yang di dedikasi untuk update berita bebas

via BeritaBebasX – Blog yang di dedikasi untuk update berita bebas

Advertisements